Yusni ألهم الصديق

bismillah

20 September 2024

author photo

 

AWAL DAN SAKSI




 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Sahabat Taubi Yang Dirahmati Allah SWT

 

1.         Pendahuluan

 

Al-Baqarah · Ayat 30

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةًۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ۝٣٠

Wa idz qâla rabbuka lil-malâ'ikati innî jâ‘ilun fil-ardli khalîfah, qâlû a taj‘alu fîhâ may yufsidu fîhâ wa yasfikud-dimâ', wa naḫnu nusabbiḫu biḫamdika wa nuqaddisu lak, qâla innî a‘lamu mâ lâ ta‘lamûn.

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

 

Sahabat Taubi Yang Dirahmati Allah SWT

2.    Mengapa Awal dan Saksi?

 

Awal bermakna mula-mula; permulaan; yang mula-mula: jauh sebelum waktu yang ditentukan dan syahadat (B. Arab) akar kata “syahida-yashadu-syhadatan bermakna “kesaksian, bersaksi. Bagi Muslin syahadat memerlukan tiga kelakuan yaitu memberi kesaksian, lisan dengan melihat, dan keterangan (berlandaskan akidah).

Jadi, siapakah sang Awal dialah Nabi Adam AS.

 

Refress minggu lalu Proses penciptaan Nabi Adam AS berdasarkan riwayat setelah semua bahan dimasukkan dalam wadah khusus yang disebut mim. Alat/ mesin ini disebut Alif-lam-mim ( الۤمّۤ ) dan ucapan "bismillah" serta "sholawat" yang dilakukan oleh malaikat Jibril. Selesailah proses dan menghasilkan lembaga Adam sempurna.

Kemudian Allah mengumpulkan seluruh malaikat dan termasuk azazil. kemudian memerintah untuk sujudlah kepada Adam, seluruh malaikat sujud kecuali Iblis, karena Malaikat faham didalam lembaga Adam ada Nurullah kesempurnaan.

 

Sang awal nabi Adam AS bergelarlah beliau khalifah di dunia. Secara umum dan pastinya disebut pemimpin. Sebelum kejadian terkait nabi Adam AS tentunya disertai dengan dalil jelas "

 Dalil quran tersebut menunjukkan bahwa:

1.       Allah menjadi saksi awal

2.       Malaikat sebagai saksi kedua.

 

Kesaksian dan menjadi saksi adalah konsep Islam yang jelas tercantum pada rukun pertamanya yaitu kesaksian/ syahadatain. Hal tersebut menjelaskan bahwa sejak awal, telah ada yang bersaksi dan yang menyaksikan.

 

Jadi, setiap muslim sejak awal kehidupannya sudah disaksikan dan tentunya diakhir hayat wajib adanya mendapat ke-saksi-an baik zohir maupun bathin jika ingin selamat sesuai arti Islam yaitu selamat. Karena konsep ini sudah terjadi mulai dari awal rencana penciptaan manusia awal hingga tercipta (lalu diberi saksi : siti hawa) dan turun ke bumi.

 

   Syahadat adalah pintu masuk Islam dan orang yang beriman kepada Allah Swt. dan Rasulnya sesuai Kandungan Dua Kalimat Syahadat:

Artinya: “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah.

Sebenarnya kalimat di atas dinamakan syahadat tauhid, terkandung berbentuk persaksian tidak ada Tuhan yang lain selain Allah SWT.  Arti kesaksian (Asyahdu) Bermakna menerima sesuai rukun Islam yang pertama, sebagai pintu masuk agama Islam., sebagai mana ditegaskan dalam (QS. al-a’Raaf : 172)

Artinya:

dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?"

Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)"

 

Hal ini sebagai haknya diuraikan dalam Al-Qur’an surah Al-FatihaAyat 5:

Artinya: ‘Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.’

Syahadat Tauhid juga perlu disertakan dengan penghayatan kesaksian kalimat Toyyibah, sebagai berikut: La Maujuda Illaallah, adalah saksi bahwa Tuhan ada tidak ada yang memiliki bentuk fundamental kecuali Allah Swt. dengan begitulah hanya Allah Swt. yang memiliki satu tujuan yaitu wujud Tuhan dan ‘La Mathluba Illaallah, adalah kesaksian untuk mengikuti perintah Allah. Apapun yang merupakan sikap dan perbuatan oleh perintah Allah.

Kalimat tersebut menandakan pelaksanaan syahdat yang pernah diikrarkan dan Syahadat Tuhid yang harus disyahadatain dengan keyakinan dan penghayatan

 

3. Konklusi dan Solusi  

 

1.       Pada surah Albaqarah ayat 30, Tuhan berkehendak menciptakan Sang awal adalah nabi Adam AS dan syahadat bermakna “kesaksian, bersaksi. Menunjukkan bahwa: Allah menjadi saksi awal dan Malaikat sebagai saksi kedua.

2.       Kesaksian harus didalam sikap dengan menerapkan tiga sikap makna kesaksian tauhid, yaitu tidak ada Tuhan selain Allah Swt dengan hati dan akalnya.

 

Wallahua’lambisshawab. والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

Assalamualaikum Warhamtullahi Wabarakatuh.

 

Referensi:

 

https://www.taubi.my.id/awal-dan-saksi

https://www.taubi.my.id/muasal-manusia-sang-khalifah

https://quran.nu.or.id/al-baqarah/30

https://www.wikipedia

Yunus, Mahmud. 1989. Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT. Hidakarya Agung

Mahfud Muhammad, 2010. Doktrin Syahadat, Serang: IAIN SMH Banten.

 

 

 

 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement